Kamis, 27 Desember 2012

KEBIJAKAN MUTU


Mutu Pendidikan  SMK N 5 Kendal dirumuskan / disingkat  dalam sebuah kata KOMPETEN dengan penjabaran  :
  • Komitmen dalam menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dengan menciptakan keseimbangan antara IPTEK dan IMTAQ untuk menciptakan output yang berkepribadian dan berakhlakul karimah serta memiliki kualitas keilmuan yang baik serta menerapkan kepedulian mental dalam bentuk hasil kerja, penampilan dan kinerja.
  • Optimal memberdayakan sarana prasana untuk mengembangkan SDM sesuai perkembangan iptek, perencanaan dan evaluasi program sekolah serta memberikan pelayanan secara optimal kepada masyarakat atau stakeholder.
  • Manajemen yang bertanggung jawab dalam mengemban tugas Negara untuk menyatukan ujung tombak pelaksana pendidikan dan menerapkan Tri Pusat Pendidikan (Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani) sehingga menghasilkan kualitas pendidik yang memiliki sifat kreatif, inovatif, akomodatif dan juga budaya mutu 
  • Profesional dalam melayani stakeholder serta bertanggungjawab dalam memberikan sumbangan pada pertumbuhan dan pengembangan ilmu pengetahuan, mengembangkan kemampuan belajar siswa serta melaksanakan kode etik profesional pendidik sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya yang tampak pada usaha untuk mengembangkan profesi serta ilmu, pengembangan diri, mengakui serta menghormati norma-norma masyarakat dalam rangka perwujudan pelayanan prima terhadap costumer.
  • Empati untuk memahami kondisi peserta didik agar dapat membantu belajar dan memperoleh pengetahuan, membentuk sekaligus mengembangkan kompetensi dan karakter pendidik serta peserta didik melalui sistem pembelajaran dengan pendekatan berbasis kompetensi dan religi artinya baik Mata Pelajaran  normatif,  adaptif,  muatan lokal dan produktif harus menggunakan pendekatan kompetensi dan religi.
  • Tujuan utama untuk membekali peserta didik dengan teori dan konsep untuk membentuk jiwa entrepreneur pada peserta didik sehingga output yang dihasilkan mampu mandiri dan bersaing di era global serta memfasilitasi tercapainya kompetensi yang harus dimiliki oleh SDM yang ada melalui IHT, OJT, Pelatihan, dsb sehingga mampu mendukung pada pelaksanaan proses belajar mengajar yang baik.
  • Efektif, efisien dan kreatif dalam berkarya artinya pembelajaran dilaksanakan secara berdaya guna dengan mengoptimalkan fasilitas yang ada, kreatif dalam pengembangan  dan pembaruan system pembelajaran sesuai dengan kemajuan teknologi. Dengan demikian peserta didik dan pendidik diharapkan dapat mengembangkan /dan mewujudkan karya yang inovatif. 
  • Nyata dalam mewujudkan sekolah unggulan yang bermutu prima dengan cara mengutamakan kualitas produk dan jasa pendidikan, pelatihan dan unit produksi ini secara optimal agar kepercayaan pelanggan dan konsumen akan terus bertambah serta mengutamakan kepuasan pelanggan dengan melayani sebaik – baiknya atau melampaui harapan / keinginan mereka itu.

 

0 komentar:

Posting Komentar